12 Agustus 2024

TASYAKURAN KEGIATAN BERSIH DESA

              Duwet, 12 Agustus 2024, Bersih Desa merupakan ungkapan syukur atas nikmat Allah SWT yang diberikan kepada kita khususnya di Desa Duwet, dengan tujuan mengadakan tasyakuran/Slamatan, Desa kita menjadi Aman, Subur,Panen melimpah dll. Selanjutnya, upacara bersih desa bertujuan untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT agar Desa Kami Ayem tentrem, guyub rukun, bahagiyo mulyo, slamat dunia-akhirat, di jauhkan dari mala petaka apapun. Tujuan lain bersih desa juga untuk mendoakan Para Suhada, Leluhur Desa yang dahulu telah berkorban untuk membangun memperjuangkan Desa Duwet. Selain itu, bersih desa juga memuat tujuan solidaritas di dalamnya. Makanan yang menjadi santapan bersama adalah hasil sumbangan warga sendiri maupun pemerintah Desa.

           Tidak jauh berbeda dengan desa lain, Lingkungan Desa Duwet selalu menggelar kegiatan Bersih Desa. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Agustus tepatnya pada hari Senin Pahing. Rangkaian kegiatan ini diawali dengan dengan acara Slamatan, sodakohan, sholwat Nabi dan juga ada Karawitan atau istilahnya Gambyong.

          Di desa Duwet ada 4 tempat yang di jadikan untuk kegiatan Slamatan yaitu, Punden Duwet Timur (Sumur), punden Duwet Tengah (Makam Baginda Amir), Punden Jurangawan dan juga Punden Dusun Nunut. Kegiatan Berlanjut jam 14.00-Selesai di adakan pagelaran Seni Karawitan berlokasi di Punden Jurangawan. 

             Dengan adat Bersih Desa/Mejemukan yang merupakan warisan adat istiadat sebagian bangsa Indonesia ini seyogyanya dipertahankan dan dilestarikan agar jangan musnah. Hal ini perlu diketahui oleh generasi muda sebagai generasi penerus bangsa yang perlu menjiwai nilai-nilai luhur bangsa yang berdasar Pancasila.

HERI SANURI (KASI PELAYANAN)    IBNU ANGGRI PRABANTARA (SEKRETARIS DESA)    SARNI (KASI PEMERINTAHAN)    SUNYOTO (KAUR TATA USAHA DAN UMUM)    WURUK WIDODO (KAUR KEUANGAN)    NILAM CAHYA MUKTI (KASI KESEJAHTERAAN)    RINA REFRIANI (KAUR PERENCANAAN)    SUGRIWO (KAMITUWO 1)    AGUNG SUBAGYO (KAMITUO 2)    PURWANTO (KAMITUO 3)    ANDIK WIBOWO (STAFF TATA USAHA DAN UMUM)